News Update :

Manusia Bisa Hidup Lagi???

3/01/2011


Pada tahun 1967, seorang agen rahasia Inggris dibekukan sambil menunggu masa yang akan datang di mana musuh bebuyutannya bangun dari tidur panjangnya dalam kebekuan untuk kembali mengancam dunia. Masa itu tiba pada tahun 1997. Agen rahasia itu dibangkitkan kembali setelah diawetkan dalam es selama 30 tahun untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran.

Itulah skenario singkat dari film "Austin Powers: International Man of Mistery" (1997) yang mungkin sudah Anda ketahui. Ilmu pengetahuan yang mengilhami cerita film itu memang benar-benar ada. Ilmu itu disebut kriogenika, yaitu ilmu yang mempelajari tentang apa yang tejadi pada materi pada suhu yang sangat rendah, sedangkan tekniknya disebut krionika. Krionika adalah teknik yang digunakan untuk mengawetkan tubuh manusia pada suhu yang sangat rendah dengan harapan suatu hari dapat dibangkitkan kembali, sedang dikembangkan saat ini. Krionika juga muncul dalam film seperti "Vanilla Sky), "Sleeper" (1973) dan "2001: A Space Odyssey" (1968). Gagasan dibalik krionika adalah jika seseorang "mati" akibat penyakit yang dideritanya, ia dapat "dibekukan" untuk kemudian dibangkitkan kembali di masa depan saatteknologi pengobatan sudah dapat menyembuhkan penyakitnya itu. Seseorang yang diawetkan sedemikian rupa dikatakan berada dalam keadaan suspensi krionika.


Ruang operasi di Scottsdale, Arizona, fasilitas Alcor's.

Untuk memahami teknologi yang mendasari krionika, ingat kembali mengenai cerita dimana orang jatuh ke dalam sebuah danau es dan terendam selama hampir satu jam sebelum akhirnya diselamatkan. Mereka yang selamat dapat bertahan hidup sedemikian rupa karena air es menyebabkan raga mereka dalam keadaan semacam mati suri dengan memperlambat metabolisme tubuh dan fungsi otak mereka hingga pada titik dimana mereka hampir tidak membutuhkan oksigen.


http://alcor.org/images/P02.jpg
Keadaan ruang operasi selamaproses krionika

Krionika bukan hanya sekedar menghidupkan kembali seseorang setelah ia jatuh ke dalam danau es. Melakukan suspensi krionika kepada orang yang masih hidup merupakan hal yang ilegal. Orang yang ingin menjalani susensi krionika harus terlebih dahulu dinyatakan mati secara hukum, yaitu mati jika jantungnya sudah berhenti berdetak. Menurut para ilmuwan yang mempratikkan krionika, "mati secara hukum" tidak sama denga "mati total". Menurut mereka, mati total adalah keadaan dimana seluruh fungsi otak berhenti. Sedangkan mati secara hukum adalah keadaan dimana jantung telah berhenti berdetak, namun beberapa fungsi sel otak tetap bekerja. Krionika berusaha mengawetkan fungsi sel yang tetap bekerja, sehingga secara teoritis orang itu dapat dibangkitkan kembali di masa depan.

http://alcor.org/images/P03.jpg
Ahli bedah bekerja untuk mendapatkan akses ke pembuluh darah utama. Pada titik ini, pasien biasanya pada suhu 60 ° F atau lebih rendah. Hal ini memungkinkan sirkulasi darah harus dihentikan untuk waktu yang terbatas tanpa merusak otak. Sterile technique is utilized. Steril teknik yang digunakan.

Jika Anda berniat untuk menjalani suspensi krionika, cukup mudah. Mula-mula Anda harus menjadi anggota sebuah fasilitas krionika dan membayar iuran keanggotaan sekitar $400 per tahun. Kemudian saat jantung Anda berhenti berdetak dan Anda dinyatakan telah mati secara hukum, sebuah tim tanggap darurat dari fasilitas tersebut mendatangi Anda. Tim tersebut akan menstabilkan tubuh Anda, memasok oksigen dan darah ke otak Anda dalam jumlah yang cukup untuk mempertahankan fungsi minimal otak hingga saatnya tiba untuk Anda dipindahkan ke fasilitas suspensi. Tubuh Anda akan dibungkus dalam es dan disuntikkan heparin (sejenis antikoagulan/anti pembekuan darah) untuk mencegh darah Anda membeku dalam perjalanan menuju fasilitas krionika. Sekelompok tim medis menunggu kedatangan tubuh Anda di fasilitas itu.



Begitu Anda tiba di fsilitas krigenika, pembekuan yang sesungguhnya segera dimulai. Fasilitas krionika tidak begitu saja menempatkan pasien mereka ke dalam wadah nitrogen cair karena akan menyebabkan air yang dikandung sel tubuh membeku. Air memuai saat membeku akan menyebabkan sel-sel tubuh pecah. Tim krionika harus membuang air dari sel-sel tubuh Anda terlebih dahulu dan menggantinya dengan campuran kimiawi berbasis gliserol yang disebut kriprotektan semacam senyawa anti pembkuan tubuh manusia. Tujuannya adalah untuk mencegah organ-organ dan jaringan-jaringan tubuh membentuk kristal-kristal es pada suhu yang sangat rendah. Proes yang disebut vitrifikasi (pendinginan tanpa pembekuan) ini menyebabkan sel-sel tubuh dalam keadaan mati suri. Proses ini memakan waktu hingga 4 jam.

Begitu air di dalam tubuh Anda sudah digantikan dengan krioprotektan, tubuh Anda akan didinginkan pada gumpalan es kering hingga mencapai suhu -130° C, dan selesailah proses vitrifikasi Anda.
http://alcor.org/images/P09.jpg
Pasien sekarang dipindahkan dari ruang operasi ke fasilitas cooldown, mana pendinginan sampai -130 ° C terjadi di bawah kendali komputer. Hasil dari proses ini adalah "vitrifikasi" (pembekuan tanpa pendinginan).

Langkah selanjutnya adalah memasukkan tubuh Anda ke dalam wadah aluminium yang kemudian diletakkan ke dalam tangki logam besar yang berisi nitrogen cair pada suhu sekitar -196° C. Tubuh Anda disimpan dengan posisi kepala di bawah sebagai antisipasi andaikata terjadi kebocoran tangki, otak Anda masih terendam dalam nitrogen cair.

http://alcor.org/images/P10.jpg
Setelah vitrifikasi, neuropatients ditempatkan dalam kontainer aluminium individu.

 http://alcor.org/images/P11.jpg
Tiap wadah aluminium ditempatkan ke dalam sebuah neuropod (untuk pengawetan kepala saja) ataupunwholebody pod (untuk pengawetan tubuh secara lengkap) untuk kemudian direndam dalam nitrogen cair.Neuropod sedang diletakkan di antara empat wholebody pod dalam sebuah tangki penyimpanan.

Krionika tidaklah murah, untuk mengawetkan seluruh tubuh Anda diperlukan biaya $150.000. Namun, bagi para ilmuwan futuris yang berpikiran ekonomis, $50.000 sudah cukup untuk mengawetkan hanya otak Anda, pilihan ini disebut neurosuspensi dengan harapan suatu saat nanti teknologi menemuka cara untuk mengkloning bagian tubuh Anda yang lain yang tidak diawetkan. Jika Anda berminat, tidak ada salahnya untuk mengunjungi situs www.alcor.orgdan berdo'alah agar ada orang lain yang ingin menjalaninya juga pada saat bersamaan sehingga biaya akan lebih murah. Tubuh dan/atau kepala Anda semua akan dismpan dalam tangki nitrogen cair yang sama. Tangki ini dirancang untuk menyimpan empat pasienwholebody dan 6 pasien neurosuspensi. Nitrogen cair ditambahkan secara periodik untuk menggantikan sebagian kecil nitrogen yang menguap.

http://alcor.org/images/p12.jpg

Gambar diambil langsung dari situs aslinya.
Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 

© Copyright Xpressi 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.